BGI (Borland Graphics Interface) adalah
salah satu alternatif pengembangan program antarmuka berbasis grafis.
Antar muka berbasis grafis dari kata Graphical
User Interface, yang disingkat GUI. GUI adalah suatu antarmuka yang
memanfaatkan berbagai macam gambar yang memungkinkan seorang pengguna dapat
melakukan komunikasi atau berdialog dengan komputer sebagai sebuah mesin.Dengan
antarmuka berbasis grafis berbagai kemudahan dalam hal pengontrolan format
tampilan dapat dikerjakan dengan lebih mudah dan fleksibilitas tampilan dapat
semakin dirasakan oleh perancang tampilan maupun penggunanya. Di sisi lain,
kita harus memperhatikan, beberapa kendala dalam penerapan antarmuka berbasis
grafis ini, antaralain adalah waktu tanggap, kecepatan penampilan, lebar pita
penampilan, dan tipe tampilan (berorientasi ke tektual atau grafis).
Lima faktor perancangan
antarmuka berbasis grafis :
1. Ilusi pada obyek-obyek yang dapat
dimanipulasi
Perancangan antarmuka berbasis grafis yang efektif harus melibatkan tiga
komponen. Pertama, gunakan kumpulan obyek yang disesuaikan dengan aplikasi yang
akan dibuat. Jika obyek-obyek itu belum ada, kita dapat mengembangkannya
sendiri. Kedua, penampilan obyek-obyek grafis harus dilakukan denagn
keyakinan bahwa ia akan dengan mudah dimengerti oleh pengguna.Ketiga, gunakan
mekanisme yang konsisten untuk memanipulasi obyek yang akan muncul dilayar.
2. Urutan
visual dan fokus pengguna
Antarmuka dapat digunakan untuk menarik perhatian pengguna antara lain dengan
menbuat suatu objek berkedip, menggunakan warna tertentu untuk objek-objek
tertentu, serta menyajikan suatu animasi yang akan lebih menarik perhatian
pengguna. Tetapi, penggunanan rangsangan visual yang berlebihan justru akan
membuat pengguna bingung dan merasa tidak nyaman.
3. Struktur
internal
Pada pengolah kata kita seringkali menulis beberapa kata yang berbeda dengan
kata-kata yang lain, misalnya ada sekelompok kata yang ditebalkan, dimiringkan,
atau diberi garis bawah. Pada salah satu pengola kata, kita dapat melihat apa
yang disebut dengan reveal code, yakni suatu tanda khusus yan digunkan untuk
menunjukkan adanya perbadaan font style.Reveal code ini tidak akan ikut
dicetak, tetapi digunakan untuk menunjukkan kepada pengguna antara lain tentang
font style yang digunakan, batas kiri dan batas kanan dari halaman teks serta
informasi yang lain. Reveal code biasanya berupa suatu karakter khusus.
4. Kosakata
grafis yang konsisten dan sesuai
Penggunaan simbol-simbol objek, atau ikon, memang tidak ada standarnya, dan
biasanya disesuaikan dengan kreatifitas perancangnya.
5. Kesesuaian
dengan media
Karakteristik khusus dari layar tampilan yang digunakan akan mempunyai pengaruh
yang besar terhadap keindahan “wajah” antarmuka yang akan ditampilkan. Pada
layar tampilan yang masih berbasis pada karakter, misalnya CGA, pemunculan
gambar tidak akan sebagus apabila kita menggunakan layar tampilan yang sering
disebut dengan bitmap atau raster display. Dengan semakin canggihnya
teknologi layar tampilan pada saat ini, kreatifitas perancang tampilanlah yang
saat ini lebih dituntut untuk memenuhi permintaan pengguna akan aspek
kenyamanan dan keramahan antarmuka.
Peranan
BGI (Borland Graphics Interface) :
Unit Graph
Unit dalam Turbo Pascal, adalah semacam berkas overlay yang dapat dipanggil
oleh sembarang program yang lain sesuai keperluannya. Unit graph merupakan
bagian utama dari BGI. Untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia di dalam unit
graph. Anda harus mempunyai berkas GRAPH TPU, selain GRAPH TPU juga harus
tersedia satu atau lebih berkas . BGI yang berisi penggerak grafik sesuai
dengan apdeter grafik yang anda mliki. Misalnya CGA.BGI atau EGA VGA.BGI.
sebagai tambahan, jika anda mengunkan font goresan, juga harus tersedia berkas.Berkas-berkas tersebut
biasanya sudah terinstal secara otomatis pada saat pertama kali Anda menginstal
Turbo Pascal kedalam harddisk atau disket.
Penggerak Grafik
Dalam keadaan normal, turbo pascal bekerja pada mode teks. Dengan mengeksekusi satu prosedur pustaka. Yaitu prosedur initGraph yang dapat dalm unit graph. Mode text dapat diubah mode grafik dengan menggunakan prosedur closeGraph, layar tampilan dapat dikenmbalikan menjadi mode teks.Untuk dapat bekerja pada mode grafik, diperlukan adapter grafik ang sesuai (pada saat ini dapat dipastikan hampir semua komputer adapter grafik, minimal VGA sehingga hal ini tidak akan menjadi masalah lagi). Turbo pascal mendukung semua adapter grafikyang tersedia di pasaran dengan menyediakan sejumlah pengerak (driver) grafik yang sesuai dengan adapter grafik yang ada.
Penggerak yang didukung oleh Turbo Pascal adalah sebagai berkut :
Dalam keadaan normal, turbo pascal bekerja pada mode teks. Dengan mengeksekusi satu prosedur pustaka. Yaitu prosedur initGraph yang dapat dalm unit graph. Mode text dapat diubah mode grafik dengan menggunakan prosedur closeGraph, layar tampilan dapat dikenmbalikan menjadi mode teks.Untuk dapat bekerja pada mode grafik, diperlukan adapter grafik ang sesuai (pada saat ini dapat dipastikan hampir semua komputer adapter grafik, minimal VGA sehingga hal ini tidak akan menjadi masalah lagi). Turbo pascal mendukung semua adapter grafikyang tersedia di pasaran dengan menyediakan sejumlah pengerak (driver) grafik yang sesuai dengan adapter grafik yang ada.
Penggerak yang didukung oleh Turbo Pascal adalah sebagai berkut :
•
MCGA
• Hercules
• EGA
• AT & T 400 Line
• 3270 PC
• VGA
• IBM 8514
Masing-masing penggerak grafik yang sesuai dengan adapter grafik di atas tersimpan dalam berkas yang terpisah yang berpengenal .BGI. sebagai contoh, pengerak CGA tersimpan dalam berkas CGA.BGI penggerak EGA dan VGA tersimpan dalam berkas EGAVGA.BGI dan lain-lain.
• Hercules
• EGA
• AT & T 400 Line
• 3270 PC
• VGA
• IBM 8514
Masing-masing penggerak grafik yang sesuai dengan adapter grafik di atas tersimpan dalam berkas yang terpisah yang berpengenal .BGI. sebagai contoh, pengerak CGA tersimpan dalam berkas CGA.BGI penggerak EGA dan VGA tersimpan dalam berkas EGAVGA.BGI dan lain-lain.
Inisialisasi Mode Grafik
Seperti yang dijelaskan diatas dalam keadaan normal Turbo Pascal bekerja pada mode teks sehingga jika diinginkan untuk bekerja dalam mode grafik. Harus dilakukan inisialisasi, yang antara lain bertujuan untuk mendeteksi dan mencocokkanpenggerak grafik yang dipakai dan resolusi yang diinginkan Langkah pertama untuk memulai mode grafik adalah dengan melakukan adapter grafik yang digunakan dan menginisialisasikan mode grafik ang diinginkan. Deteksi otomatis adapter grafis dan inisialisasi mode grafik dilakukan dengan mengeksekusi fungsi detect dan prosedur initGraph secara berturut-turut. Fungsi detect dan prosedur iniGraph keduanya ada di dalam BGI. Anda tinggal memanfaatkannya. Bentuk umum fungsi detect adalah :
PenggerakGrafik : = detect;
dengan penggerak Grafik adalah sembarang nama penuh. Bentuk umum prosedur initGraph adalah:
initGraph (var penggerakGrafik : integer;
var mode : integer; jalur : string).
Penggerak Grafik adalah nama penggerak grafik yang akan digunakan, mode menyatakan mode grafikyang akan digunakan dan jalur menyatakan direktori yang berisi penggerak grafik yang akan digunakan.
No comments:
Post a Comment