RAGAM
DIALOG (DIALOQUE STYLE) adalah cara
pengorganisasian berbagai teknik dialog
interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara manusia dengan bahasa
mesin / komputer.
Tujuan perancangan
antarmuka dengan berbagai dialog pada dasarnya adalah untuk mendapatkan satu
kriteria yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah program aplikasi, aspek ramah dengan pengguna (user friendly).
Beberapa sifat penting
ragam dialog
Ø Inisiatif
yaitu
dapat menentukan tipe-tipe pengguna yang dituju oleh sistem yg dibangun.
Ada 2 :
o inisiatif oleh
komputer, pengguna memberikan tanggapan atas prompt yg diberikan komputer
o inisiatif oleh
pengguna, pengguna diharapkan memahami sekumpulan perintah dengan sintaks
tertentu
Ø Keluwesan
yaitu, sistem harus menyesuaikan diri dengan
keinginan pengguna. Keluwesan juga memberi kesempatan pada pengguna untuk costumizing
sistem
Ø Kompleksitas
yaitu
kita tidak perlu menggunakan atau membuat antarmuka lebih dari apa yang
diperlukan
Ø Kekuatan
yaitu jumlah kerja yang dapat dilakukan
oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan pengguna
Ø Beban informasi
yaitu
penyajian informasi harus disesuaikan dengan aras pengguna
Ø Konsistensi
yaitu perintah hrs mempunyai sintaksis yang
terstandarisasi dan urutan parameter harus mempunyai tata letak yg konsisten,
format pemasukan data harus kompatibel.
Ø Umpan balikyaitu Setiap aksi dari user harus menghasilkan suatu respon yang dapat
diterima dengan baik oleh user.
Ø Observabilitas
yaitu berfungsi secara benar dan nampak
sederhana meskipun sebenarnya pengolahan internalnya sangat rumit
Ø Kontrolabilitas
yaitu
sistem selalu berada di bawah kontrol pengguna.
Ø Efisiensi
Ø yaitu sangat
penting jika berpengaruh pada waktu tanggap atau laju penampilan sistem,
seringkali dengan menggunakan hasil teknologi baru
Ø
Keseimbangan
yaitu perbedaan antara manusia
dan komputer :
o manusia dapat
menangani berbagai persoalan yang berurusan dengan perubahan lingkungan, pengetahuan tidak pasti dan tidak lengkap.
o komputer dapat
melakukan pekerjaan yang berulang dan rutin, penyimpanan dan pencarian data yang
handal dan memberikan hasil komputasi yang sangat akurat
RAGAM DIALOG INTERAKTIF
Ø Dialog Berbasis Perintah Tunggal :
o Perintah-perintah
tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang
dipakai, dan berada dalam domain yang disebut bahasa perintah (command
language)
o Bahasa perintah
harus dirancang sedemikian rupa shg mudah dipelajari dan diingat oleh kebanyakan pengguna
Contoh :
Perintah-perintah yang dimiliki oleh DOS dan UNIX
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PENGGUNAAN DIALOG BERBASIS
PERINTAH TUNGGAL
Keuntungan
|
Kerugian
|
o
Cepat
o
Akurat
o
Efisien
o
Ringkas
o
Luwes
o
Inisiatif oleh pengguna
|
o
Memerlukan
pelatihan yang lama
o
Membutuhkan
penggunaan yang teratur
o
Beban ingatan
yang tinggi
o
Jelek dalam
menangani kesalahan
|
Ø
Dialog Berbasis
Bahasa Pemrograman :
Merupakan ragam dialog yang memungkinkan
pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas yang sering
disebut batch file.
Perintah yang dituliskan tidak harus
menggunakan salah satu bhs pemrograman
baik aras rendah maupun aras tinggi seperti assembler, Pascal, C, FORTRAN atau
BASIC, tetapi tetap harus mengikuti aturan-aturan tertentu.
Ø
Antarmuka
Berbasis Bahasa Alami :
Pada dialog berbasis bahasa alami
pengguna menggunakan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum
sifatnya, pengguna dapat secara bebas memberikan instruksinya dengan kalimat-kalimat
yang lebih “manusiawi”.
Contoh
instruksi bahasa alami : Cetak daftar
semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari
3,0
Keuntungan
dan kerugian penggunaan antarmuka berbasis bahasa alami
Keuntungan
|
Kerugian
|
o
Tidak memerlukan sintaksis khusus
o
Luwes dan powerful
o
Alamiah
o
Merupakan inisiatif campuran
|
o
Mempunyai dualisme
o
Bertele-tele
o
Opaque (tidak jelas)
o
Perancangan
perangkat lunak yang rumit
o
Tidak efisien
|
Ø Sistem Menu:
o Menu adalah
daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
o Berdasarkan
teknik penampilan pilihan-pilihan, dikenal 2 sistem menu : Menu datar dan Menu
tarik (pulldown).
o Sistem menu
datar adalah sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap.
o Sistem menu
tarik adalah sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok
tertentu.
o ragam interaksi
pada sistem menu datar dapat berupa:
Selektor pilihan, dpt berupa angka,
huruf atau campuran angka dan huruf.
Penggunaan tanda terang, dgn bantuan
tombol khusus ;
←,↑,→,↓atau bantuan mouse Kombinasi
dari kedua ragam di atas
Keuntungan dan
kerugian sistem menu
•
Keuntungan :
- Memerlukan sedikit pengetikan
- Beban memori rendah
- Struktur terdefinisi dengan baik
- Perancangan yang mudah
•
Kerugian
- Seringkali lambat
- Memakan ruang layar
- Tidak cocok untuk aktifitas Pemasukan data
- Tidak cocok untuk dialog terinisasi pengguna
- Tidak cocok untuk dialog terinisasi campuran
Ø Dialog Berbasis Pengisian Borang
Teknik dialog berbasis pengisian borang (form
filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas
pengisian borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan
suatu bentuk borang yang ada di layar komputer
yang mereka gunakan.
Kualitas
antarmuka berbasis pengisian borang tergantung pada tiga aspek:
o Tampilan pada layar monitor yang mencerminkan struktur
data masukan yang diperlukan oleh sistem.
o Kejelasan perancangan dan penyajiannya secara visual pada
layar monitor.
o Derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan
oleh program lewat berbagai fasilitas pemasukan data yang ada di dalam borang
tersebut.
Keuntungan
dan kerugian Dialog Berbasis Pengisian Borang
Keuntungan
|
Kerugian
|
§ Pengguna
sudah terbiasa dengan pengisian borang
§ Isian data
yang disederhanakan
§ diperlukan
sedikit pelatihan
§ Beban
memori rendah
§ Strukturnya
jelas
§ Perancangan
mudah
§ Tersedia
berbagai piranti bantu perancangan tampilan
|
§ Seringkali
lambat
§ Memakan
ruang layar (khususnya untuk menu datar)
§ Tidak cocok
untuk pemilihan perintah/instruksi
§ Memerlukan
pengontrol kursor
§ Mekanisme
navigasinya tidak terlihat secara eksplisit
§ Memerlukan
suatu bentuk pelatihan
|
Ø Antarmuka Berbasis Ikon
Adalah ragam dialog yang banyak
menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas
tertentu.
Keuntungannya gambar bersifat umum,
mudah diingat,mudah dipelajari sehingga mempertinggi kinerja pengguna, tidak
bergantung pada suatu bahasa.
Kerugian : cenderung membingungkan,
boros tempat, dan sangat tidak efektif, tidak adanya standarisasi bentuk-bentuk
ikon seringkali menimbulkan persoalan tersendiri.
Contoh :
Ø Sistem Windows
Jendela (window) adalah bagian
dari layar yang digunakan untuk menampilkan informasi.
Sistem penjendelaan adalah sistem
antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi baik
sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama ke dalam bagian-bagian layar yang
tidak saling mempengaruhi.
Jenis-jenis jendela
o
Jendela
TTY
Jendela paling sederhana, contohnya adalah ketika anda berada pada dot prompt.
Jendela paling sederhana, contohnya adalah ketika anda berada pada dot prompt.
o
Time-Multiplexed
Windows
Jendela yang dapat digeser (scrollable windows), dan frame-at-a-time windows. Contoh : text editor atau menu tarik
Jendela yang dapat digeser (scrollable windows), dan frame-at-a-time windows. Contoh : text editor atau menu tarik
o
Space-Multiplexed
Windows :
Lebar layar dibagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang bervariasi. Contoh : Microsoft Windows XP
Lebar layar dibagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang bervariasi. Contoh : Microsoft Windows XP
o
Jendela
non Homogen
Jenis jendela yang tidak dapat dikelompokkan dalam jendela-jendela diatas. Contoh : ikon dan zooming window
Jenis jendela yang tidak dapat dikelompokkan dalam jendela-jendela diatas. Contoh : ikon dan zooming window
Ø
Manipulasi
Langsung
Ragam dialog yang menyajikan langsung
suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna sehingga aktifitas itu akan
dikerjakan oleh sistem komputer ketika pengguna memberikan langsung instruksi
lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality)
yang terpampang lewat tampilan yang muncul di layar.
Penerapan manipulasi langsung :
kontrol proses
contoh : sistem pembangkitan dan
penyaluran listrik yang terhubung dengan sistem secara online
- Simulator
Adalah sistem miniatur yang mencoba menirukan
kerja suatu sistem yang berskala sangat besar atau sangat kecil jika dilihat
dari kacamata orang awam.
contoh :
Simulator penerbangan
Keuntungan
dan kerugian Penggunaan Dialog Berbasis Manipulasi Langsung
Keuntungan
|
Kerugian
|
§ Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu
pekerjaan nyata
§ Mengurangi waktu pembelajaran
§ Memberikan tantangan untuk eksplorasi
pekerjaan yang nyata
§ Penampilan visual yang bagus
§ Mudah dioperasikan
§ Tersedianya berbagai perangkat bantu u/
merancang ragam dialog manipulasi langsung
|
§ Memerlukan program yang rumit dan berukuran
besar
§ Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
§ Memerlukan piranti masukan seperti mouse,
trackball
§ Memerlukan perancangan tampilan
dengan kualifikasi tertentu
|
Ø Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Agak susah dibedakan dengan antarmuka
berbasis manipulasi langsung.
Secara umum, keuntungan dan kerugian
teknik antarmuka berbasis interaksi grafis sama dengan keuntungan dan kerugian
menggunakan manipulasi langsung
Contoh : Pada Microsoft Word ketika
kursor mendekati suatu ikon akan muncul pesan yang menunjukkan arti ikon tsb.
Contoh:
Karakteristik
Ragam Dialog yang Baik (Neilsen)
Ø
Menggunakan
urutan dialog yang simple dan alami
Ø
Menggunakan
bahasa user
Ø
Meminimalkan
user memory load
Ø
Konsisten
Ø
Menyediakan
Feedback
Ø
Menyediakan
shortcuts
Ø
Menyediakan
pesan error yang baik
Ø
Mencegah errors
No comments:
Post a Comment