Friday, September 28, 2012

RAGAM DIALOG


RAGAM DIALOG (DIALOQUE STYLE) adalah cara pengorganisasian  berbagai teknik dialog interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara manusia dengan bahasa mesin / komputer.
Tujuan perancangan antarmuka dengan berbagai dialog pada dasarnya adalah untuk mendapatkan satu kriteria yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah program aplikasi,  aspek ramah dengan pengguna (user friendly).
Beberapa sifat penting ragam dialog
Ø  Inisiatif
 yaitu dapat menentukan tipe-tipe pengguna yang dituju oleh sistem yg dibangun.
Ada 2 :
o   inisiatif oleh komputer, pengguna memberikan tanggapan atas prompt yg diberikan komputer
o   inisiatif oleh pengguna, pengguna diharapkan memahami sekumpulan perintah dengan sintaks tertentu
Ø  Keluwesan
 yaitu, sistem harus menyesuaikan diri dengan keinginan pengguna. Keluwesan juga memberi kesempatan pada pengguna untuk costumizing sistem
Ø  Kompleksitas
 yaitu kita tidak perlu menggunakan atau membuat antarmuka lebih dari apa yang diperlukan
Ø  Kekuatan
yaitu jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan pengguna
Ø  Beban informasi
 yaitu penyajian informasi harus disesuaikan dengan aras pengguna
Ø  Konsistensi
yaitu perintah hrs mempunyai sintaksis yang terstandarisasi dan urutan parameter harus mempunyai tata letak yg konsisten, format pemasukan data harus kompatibel.
Ø  Umpan balikyaitu Setiap aksi dari user harus menghasilkan suatu respon yang dapat diterima dengan baik oleh user.
Ø  Observabilitas
yaitu berfungsi secara benar dan nampak sederhana meskipun sebenarnya pengolahan internalnya sangat rumit
Ø  Kontrolabilitas
 yaitu sistem selalu berada di bawah kontrol pengguna.
Ø  Efisiensi
Ø  yaitu sangat penting jika berpengaruh pada waktu tanggap atau laju penampilan sistem, seringkali dengan menggunakan hasil teknologi baru
Ø  Keseimbangan
yaitu perbedaan antara manusia dan komputer :
o   manusia dapat menangani berbagai persoalan yang   berurusan dengan perubahan lingkungan,  pengetahuan tidak pasti dan tidak lengkap.
o   komputer dapat melakukan pekerjaan yang berulang dan rutin, penyimpanan dan pencarian data yang handal dan memberikan hasil komputasi  yang  sangat akurat
RAGAM DIALOG INTERAKTIF
Ø  Dialog Berbasis Perintah Tunggal :
o   Perintah-perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai, dan berada dalam domain yang disebut bahasa perintah (command language)
o   Bahasa perintah harus dirancang sedemikian rupa shg mudah dipelajari dan diingat oleh kebanyakan pengguna
Contoh : Perintah-perintah yang dimiliki oleh DOS dan UNIX

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PENGGUNAAN DIALOG BERBASIS PERINTAH TUNGGAL
Keuntungan
Kerugian
o    Cepat
o    Akurat
o    Efisien
o    Ringkas
o    Luwes
o    Inisiatif oleh pengguna
o   Memerlukan pelatihan yang lama
o   Membutuhkan penggunaan yang teratur
o   Beban ingatan yang tinggi
o   Jelek dalam menangani kesalahan

Ø  Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman :
Merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas yang sering disebut batch file.
Perintah yang dituliskan tidak harus menggunakan salah satu bhs  pemrograman baik aras rendah maupun aras tinggi seperti assembler, Pascal, C, FORTRAN atau BASIC, tetapi tetap harus mengikuti aturan-aturan tertentu.

Ø  Antarmuka Berbasis Bahasa Alami :
Pada dialog berbasis bahasa alami pengguna menggunakan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya, pengguna dapat secara bebas memberikan instruksinya dengan kalimat-kalimat yang lebih “manusiawi”.
Contoh instruksi bahasa alami : Cetak daftar semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3,0

Keuntungan dan kerugian penggunaan antarmuka berbasis bahasa alami
Keuntungan
Kerugian
o    Tidak memerlukan sintaksis khusus
o    Luwes dan powerful
o    Alamiah
o    Merupakan inisiatif campuran
o    Mempunyai dualisme
o    Bertele-tele
o    Opaque (tidak jelas)
o    Perancangan perangkat lunak yang rumit
o    Tidak efisien

Ø  Sistem Menu:
o   Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
o   Berdasarkan teknik penampilan pilihan-pilihan, dikenal 2 sistem menu : Menu datar dan Menu tarik (pulldown).
o   Sistem menu datar adalah sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap.
o   Sistem menu tarik adalah sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu.
o   ragam interaksi pada sistem menu datar dapat berupa:
Selektor pilihan, dpt berupa angka, huruf atau campuran angka dan huruf.
Penggunaan tanda terang, dgn bantuan tombol khusus ;
←,↑,→,↓atau bantuan mouse Kombinasi dari kedua ragam di atas
Keuntungan dan kerugian sistem menu
         Keuntungan :
           - Memerlukan sedikit pengetikan
           - Beban memori rendah
           - Struktur terdefinisi dengan baik
           - Perancangan yang mudah
         Kerugian
           - Seringkali lambat
           - Memakan ruang layar
           - Tidak cocok untuk aktifitas Pemasukan data
           - Tidak cocok untuk dialog terinisasi pengguna
           - Tidak cocok untuk dialog terinisasi campuran

Ø  Dialog Berbasis Pengisian Borang
Teknik dialog berbasis pengisian borang (form filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan suatu bentuk borang yang ada di layar komputer  yang mereka gunakan.
Kualitas antarmuka berbasis pengisian borang tergantung pada tiga aspek:
o   Tampilan pada layar monitor yang mencerminkan struktur data masukan yang diperlukan oleh sistem.
o   Kejelasan perancangan dan penyajiannya secara visual pada layar monitor.
o   Derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan oleh program lewat berbagai fasilitas pemasukan data yang ada di dalam borang tersebut.

Keuntungan dan kerugian Dialog Berbasis Pengisian Borang

Keuntungan
Kerugian
§   Pengguna sudah terbiasa dengan pengisian borang
§   Isian data yang disederhanakan
§   diperlukan sedikit pelatihan
§   Beban memori rendah
§   Strukturnya jelas
§   Perancangan mudah
§   Tersedia berbagai piranti bantu perancangan tampilan
§   Seringkali lambat
§   Memakan ruang layar (khususnya untuk menu datar)
§   Tidak cocok untuk pemilihan perintah/instruksi
§   Memerlukan pengontrol kursor
§   Mekanisme navigasinya tidak terlihat secara eksplisit
§   Memerlukan suatu bentuk pelatihan

Ø  Antarmuka Berbasis Ikon
Adalah ragam dialog yang banyak menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas tertentu.
Keuntungannya gambar bersifat umum, mudah diingat,mudah dipelajari sehingga mempertinggi kinerja pengguna, tidak bergantung pada suatu bahasa.
Kerugian : cenderung membingungkan, boros tempat, dan sangat tidak efektif, tidak adanya standarisasi bentuk-bentuk ikon seringkali menimbulkan persoalan tersendiri.
Contoh :
Ø  Sistem Windows
Jendela (window) adalah bagian dari layar yang digunakan untuk menampilkan informasi.
Sistem penjendelaan adalah sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.
Jenis-jenis jendela
o   Jendela TTY 
    Jendela paling sederhana, contohnya adalah ketika anda berada pada dot prompt.
o   Time-Multiplexed Windows 
    Jendela yang dapat digeser (scrollable windows), dan frame-at-a-time windows. Contoh : text editor atau menu tarik
o   Space-Multiplexed Windows :
  Lebar layar dibagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang bervariasi. Contoh : Microsoft Windows XP
o   Jendela non Homogen 
    Jenis jendela yang tidak dapat dikelompokkan dalam jendela-jendela diatas. Contoh : ikon dan zooming window

Ø  Manipulasi Langsung
Ragam dialog yang menyajikan langsung suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna sehingga aktifitas itu akan dikerjakan oleh sistem komputer ketika pengguna memberikan langsung instruksi lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan yang muncul di layar.
Penerapan manipulasi langsung :
kontrol proses
contoh : sistem pembangkitan dan penyaluran listrik yang terhubung dengan sistem secara online
            - Simulator
 Adalah sistem miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala sangat besar atau sangat kecil jika dilihat dari kacamata orang awam.
                        contoh : Simulator penerbangan
Keuntungan dan kerugian Penggunaan Dialog Berbasis Manipulasi Langsung
Keuntungan
Kerugian
§   Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
§   Mengurangi waktu pembelajaran
§   Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata
§   Penampilan visual yang bagus
§   Mudah dioperasikan
§   Tersedianya berbagai perangkat bantu u/ merancang ragam dialog manipulasi langsung
§   Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
§   Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
§   Memerlukan piranti masukan seperti mouse, trackball
§   Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu


Ø  Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Agak susah dibedakan dengan antarmuka berbasis manipulasi langsung.
Secara umum, keuntungan dan kerugian teknik antarmuka berbasis interaksi grafis sama dengan keuntungan dan kerugian menggunakan manipulasi langsung
Contoh : Pada Microsoft Word ketika kursor mendekati suatu ikon akan muncul pesan yang menunjukkan arti ikon tsb.
Contoh:



 Karakteristik Ragam Dialog yang Baik (Neilsen)
Ø  Menggunakan urutan dialog yang simple dan alami
Ø  Menggunakan bahasa user
Ø  Meminimalkan user memory load
Ø  Konsisten
Ø  Menyediakan Feedback
Ø  Menyediakan shortcuts
Ø  Menyediakan pesan error yang baik
Ø  Mencegah errors




No comments:

Post a Comment